CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 11 November 2008

Web Search Engine

web search engine terpopuler saat ini adalah:

~ http://www.cybersplash.net

~ www.hotbot.com

Cara Menggunakan Search Engine

Untuk memakai search engine, Seorang user harus memasukkan search term (Kata / frase yg hendak dicari). Kemudian sesuai cara kerja search engine, akan dihasilkan daftar situs World Wide Web (WWW), atau daftar dokumen file file bebas download.

Cara Kerja Search Engine

Cara kerja search engine itu dengan menscan / mengcrawl konten web dalam komputer dan jaringan, atau juga dengan menganalisa / memparsing hasil index crawling tsb dan kemudian disusun index keyword konten web.

Layanan pencarian web ini bekerja dengan membangun index sekaligus secara rutin mengupdate index halaman web dan file. Semua ini berkat bantuan sejenis web browser otomatis atau spider robot atau web crawler yg menjelajahi internet, mengumpulkan setiap halaman situs yg dapat crawler tsb temukan.

Halaman situs tsb akan mengalami proses index berdasar susunan kata, frase, dan kalimat yg mengisi konten. Proses index search engine ini melakukan perlakuan khusus pada judul dan header. Sehingga saat user memasukkan query, search engine akan menscan database index dan kemudian memunculkan daftar halaman yg paling sesuai dgn query pencarian user. Biasanya hasil scan akan didapatkan dalam hitungan detik.

Search Engine Populer

Beberapa search engine paling populer di dunia, yaitu Google Inc., Yahoo! Inc, dan Microsoft Network (MSN) Search. Ketiganya diurut bedasar popularitas layanan. Selain ketiga search engine populer tersebut, juga ada minoritas lain, yaitu altavista, webcrawler, dan live. Setiap search engine dapat diakses menggunakan web browser dan pengguna layanan pencarian mereka tidak dipungut biaya alias gratis.

[DWITA PUSPITARINI]

0 komentar: